JENIS-JENIS TEKNIK MEMBACA

 

Kegiatan Membaca Buku Bersama (Kelompok)

 

Kegaiatan Membaca Buku Sendiri (Personality) 

Dalam melakukan kegiatan membaca, kita perlu mengetahui berbagai teknik membaca agar dapat membaca secara efisien. Efisiensi membaca akan lebih baik, jika informasi yang dibutuhkan sudah dapat ditentukan lebih dahulu.
Ada beberapa teknik membaca untuk dapat menemukan informasi fokus dengan efisien, di antaranya:
  1. baca-pilih (selecting)
  2. baca-lompat (skipping)
  3. baca-layap (skimming)
  4. baca-tatap (scanning)

Untuk kajian kali ini, penulis akan memaparkan dua teknik membaca, yaitu baca-layap (skimming) dan baca-tatap (scanning).

Membaca-layap (skimming) adalah membaca dengan cepat untuk mengetahui isi umum atau bagian suatu bacaan. Membaca layap dibutuhkan untuk mengetahui sudut pandang penulis tentang sesuatu, menemukan pola organisasi paragraf, dan menemukan gagasan umum dengan cepat.

Membaca tatap (scanning) atau disebut juga membaca memindai adalah membaca sangat cepat. Ketika seseorang membaca memindai, dia akan melampaui banyak kata. Membaca memindai penting untuk meningkatkan kemampuan membaca. Teknik membaca ini berguna untuk mencari beberapa informasi secepat mungkin. Biasanya kita membaca kata per kata dari setiap kalimat yang dibacanya. Dengan berlatih teknik membaca memindai, seseorang bisa belajar membaca untuk memahami teks bacaan dengan cara yang lebih cepat. Tapi, membaca dengan cara memindai ini tidak asal digunakan. Jika untuk keperluan untuk membaca buku teks, puisi, surat penting dari ahli hukum, dan sebagainya, perlu lebih detil membacanya. Membaca memindai umumnya digunakan untuk daftar isi buku atau majalah, indeks dalam buku teks, iklan dalam surat kabar, dan kamus.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar