Buku Harian?


Pengertian Buku Harian

Buku harian. Buku harian adalah sebuah buku yang berisi catatan pribadi kita atau jurnal sehari-hari. Lebih tepatnya, buku harian memuat banyak hal tentang kita dan rekan-rekan di sekitar kita. Kejadian-kejadian penting dapat kita tuangkan dalam buku harian. Bisa itu pengalaman memalukan, menyenangkan, mengesankan, menyeramkan ataupun mengharukan. Orang-orang lebih mengenal buku harian dengan sebutan Diary. Umumnya, diary itu tidak begitu tebal dan dilengkapi dengan hiasan yang lucu. Ada juga yang melalui jaringan internet, contohnya Blog. Namun, untuk berbagai kalangan, buku harian dapat dijadikan sumber bisu dari mister-misteri yang belum terungkap. Bagi yang menulis diary setiap hati, pasti bakat menulisnya terus berkembang.

Apa saja isinya?
Nah kalau begitu, bagaimana dengan isinya? Isi buku harian harus memuat berbagai unsur agar menjadi susunan yang baik. Diantaranya ialah: harus ada cerita, waktu dan hari/tanggal, tempat, tidak lupa tokoh-tokohnya. Dalam buku harian yang sempurna, unsur-unsur diatas harus ada. Jadi sebuah peristiwa yang diceritakan pada lebar buku harian dapat diketahui secara jelas informasinya. Ya, tentu saja buku harian bak sejarah kehidupan kita. Oleh karena itu, di masa depan kita dapat mengenang momentum yang pernah kita alami di masa lalu.

Bagaimana cara menulisnya?
Cara menulisnya harus penuh perasaan, sehingga rapi, baik, indah, sesuai tema, dan agar lebih nyaman harus dengan bahasa sendiri. Apa tujuannya? Ya, agar kita akan selalu mengingat kejadian yang kita tulis dalam buku harian. Pasti kita akan bahagia jika kita melihat tulisan kita di buku harian yang ditulis secara indah dan rapi. Wah, tentunya semangat untuk menjalani hidup setiap hari akan selalu mantap!

Manfaatnya?
Selain untuk melatih menulis, manfaat buku harian juga banyak. Buku harian dapat dijadikan teman curhat kita ketika kita tidak dapat menceritakan masalah kita kepada orang lain. Sejarah yang dimuat di buku harian, dapat kita jadikan motivasi untuk hari selanjutnya. Bahkan, untuk dijadikan kenangan tersendiri dan cerminan kita untuk masa depan. Ya, tentunya intropeksi diri agar menjadi lebih baik. Sehingga kita hidup kita menjadi lebih berwarna. Menulis dan menggambar ilustrasi dari cerita kita di buku harian juga menguntungkan, sebagai hobi untuk mengisi waktu luang.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar