Menentukan Perbedaan Tema atau Sudut Pandang dalam Penggalan Novel



 

 Kutipan I   Kutipan II
 Ada berpuluh-puluh motor malam ini, berbagai jenis, berkumpul di Kuburan Cina.   Mereka   masih   berkelompok, merencanakan taktik yang tepat untuk memenangkan balapan motor mi. Rutenya Serang-Anyer, sejauh 45 km. Malam mi tampaknya aspal jalanan akan panas bergesekan dengan roda-roda gila. Membara oleh deru mesin dan teriakan anak muda.”Roy!”  teriak   Dulah. “Malam ini riwayatmu habis!” katanya ketus dan sombong. Guru-guru sedang beristirahat di kantor, menunggu lonceng masuk kembali. Seorang muridku terengah-engah datang, langsung berseru: “Bu Suci! Waskito kambuh, Bu! Dia mengamuk! Dia mau membakar. Dengan sekali gerak, guru-guru lelaki dan aku berlarian menuju kelasku. Aku ketinggalan, dengan tersengal karena kehilangan nafas aku sempat bertanya kepada murid si pembawa berita.”Mengapa begitu? Apa yang menyebabkan dia marah? Kalian bertengkar?”

Perbedaan sudut pandang kedua kutipan novel tersebut adalah .....

        Kutipan I                                                    Kutipan II
 A  orang pertama pelaku utama  orang ketiga pengamat
 B  orang ketiga pengamat  orang pertama pelaku sampingan
 C  orang ketiga serba tahu  orang pertama pelaku utama
 D  orang pertama pelaku sampingan  orang ketiga serba tahu

PEMBAHASAN
Konsep dasar
Sudut pandang terbagi menjadi sudut pandang orang pertama dan sudut pandang orang ketiga.
  1. Sudut pandang orang ketiga pengamat (pencerita berada di luar cerita yang menampilkan tokoh dengan sebutan nama kata ganti ia, dia, mereka, Aisah, Fahri, dll).
  2. Sudut pandang orang ketiga serba tahu (pencerita dapat menceritakan hal-hal yang menyangkut tokoh "dia").
  3. Sudut pandang orang pertama pelaku utama (tokoh aku menjadi fokus/tokoh utama dalam cerita, biasanya ditandai kata aku, saya).
  4. Sudut pandang orang tambahan (tokoh "aku" hanya tampil sebagai saksi).
Cara cepat
  1. Pada kutipan I sudut pandang yang digunakan adalah orang ketiga sebagai pengamat. (ditampilkan nama tokoh Roy, Dulah).
  2. Pada kutipan II sudut pandang yang digunakan adalah orang pertama pelaku sampaikan (tokoh "aku" hanya tampil sebagai saksi).
Jawaban : B

Tidak ada komentar :

Posting Komentar