Karangan

Karangan adalah bentuk tulisan yang mengungkapkan pikiran dan perasaan pengarang dalam satu kesatuan tema yang utuh. Selain itu, karangan dapat diartikan pula sebagai rangkaian hasil pemikiran atau ungkapan perasaan yang dituangkan ke dalam bentuk tulisan yang teratur dan sesuai dengan kaidah penulisannya.
Jenis-Jenis Karangan
1.        Berdasarkan Bentuknya
a.       Prosa adalah jenis karangan yang disusun dalam bentuk bebas dan terperinci. Prosa terbagi dalam dua macam,
1)       Fiksi, adalah karangan yang disusun dalam bentuk alur yang menekankan aturan sistematika penceritaan. Contohnya : novel dan cerpen
2)       Nonfiksi, adalah karangan yang menekankan aturan sistematika ilmiah, dan aturan-aturan kelogisan. Contohnya : esey, laporan penelitian, dan biografi.
b.       Puisi adalah karangan yang mengutamakan keindahan bentuk dan bunyi serta kepadatan makna.
c.        Drama adalah karangan yang berupa dialog sebagai pembentuk alurnya.
2.       Berdasarkan Cara Penyajiannya
Berdasarkan cara penyajiannya terdapat lima jenis karangan, yaitu :
a.       Karangan narasi adalah karangan yang menceritakan suatu peristiwa atau kejadian dengan tujuan agar pembaca seolah-olah mengalami kejadian yang diceritakan itu.
b.       Karangan deskripsi adalah karangan yang menggambarkan suatu objek dengan tujuan agar pembaca seolah-olah melihat sendiri objek yang digambarkan itu.
c.        Karangan eksposisi adalah karangan yang memaparkan sejumlah pengetahuan atau informasi yang tujuannya agar pembaca mendapat informasi dan pengetahuan dengan sejelas-jelasnya. Dikemukakan pula data dan fakta untuk memperjelas pemaparan.
d.       Karangan argumentasi adalah karangan yang bertujuan membuktikan suatu kebenaran sehingga pembaca menyakini kebenaran itu. Pembuktian memerlukan data dan fakta yang meyakinkan.
e.        Karangan persuasi adalah karangan yang bertujuan untuk mempengaruhi pembaca. Karangan ini pun memerlukan data sebagai penunjang.
3.       Berdasarkan Masalah yang Disajikan
Berdasarkan masalah yang dijasikan terdapat lima jenis karangan, yaitu :
a.       Karangan popular adalah karangan yang membahas masalah-masalah sehari-hari dengan menggunakan ragam bahasa yang biasa digunakan masyarakat pada umumnya.
b.       Karangan ilmiah adalah karangan yang membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan disiplin ilmu tertentu. Ragam bahasa yang digunakan bersifat teknis dan dipahami oleh masyarakat tertentu
c.        Karangan ilmiah popular adalah karangan yang membahas masalah-masalah keilmuan dengan menggunakan ragam bahasa yang dipahami masyarakat pada umumnya.
d.       Surat adalah karangan yang mengupas beragam persoalan dalam berbagai kepentingan. Pembacanya dinyatakan secara khusus, tertentu.
e.        Karangan sastra adalah karangan yang berisi cerita rekaan dengan bahasa, gaya, dan citra rasa yang indah. Cerita-cerita yang dinyatakan bersifat individual.

1 komentar :

  1. Hm,,,
    totally it's good :)

    just need more renovation of the view :)

    joint ya :D

    BalasHapus